suluh.bamban@gmail.com

Dec 27, 2013

Persiapan Musim Tanam 2013 - 2014

5:27 PM

Share it Please

Pada bulan November lalu, Petani diwilayah Kecamatan Angkinang telah mulai melakukan persiapan penanaman padi untuk musim tanam 2013/2014. Menurut hasil penelitian Balitbang Pertanian,  bahwa penanaman padi yang dilakukan pada bulan penghujan dapat meningkatan produksi pangan setidaknya menyumbang 65% terhadap produksi pangan nasional di banding pada musim kemarau.
Selain harus dilakukan penanaman yang tepat waktu,padi ada hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam musim tanam padi 2013-2014 adalah:  
  1. Tanam harus serempak untuk meminimalisir serangan Hama dan Penyakit Tanaman (HPT). 
  2. Penyaluran pupuk dan benih yang tepat
  3. Melakukan penyuluhan/sekolah lapang bekerjasama   dengan dinas pertanian, Badan Penyuluhan, misalnya terkait dengan pengembalian (jerami) bahan organik tanah, karena  jerami yang busuk itu akan memperbanyak cacing. Ini hal-hal teknis yang sangat penting untuk diperhatikan. 
  4. Selain itu materi penyuluhan  tentang penanaman dengan menggunakan sistem jajar legowo  sebagai penciri  utama PTT terus dilaksanakan.
  5. Pentingnya sistem informasi KATAM Terpadu yang dilengkapi dengan rekomendasi teknologi spesifik lokasi dalam skala kecamatan ini dapat membantu petani dan petugas dalam menyusun perencanaan pada awal musim tanam.

Sumber: Taloid Sinar Tani edisi 28 November 2013

0 komentar :

Post a Comment