suluh.bamban@gmail.com

Dec 25, 2013

Gambaran Umum BP Angkinang

9:00 PM

Share it Please
Balai Penyuluhan Kecamatan Angkinang adalah salah satu Balai Penyuluhan kecamatan yang terdapat di kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan. Balai penyuluhan kecamatan Angkinang  membawahi  11 desa yang terdapat didalamnya, 


A. Letak Geografis
Secara administratif Kecamatan Angkinang mempunyai batas-batas wilayah sebagai berikut; Sebelah Utara dengan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Sebelah Selatan dengan Kecamatan Kandangan,  Sebelah Barat dengan Daha Selatan dan  Sebelah Timur dengan Telaga -Langsat.

B. Topografi
 Luas wilayah keseluruhan adalah 58,32 km2 dengan topografi 0- 6 m diatas permukaan laut sehingga komoditas pertanian yang banyak dikembangkan di wilayah ini adalah padi sawah, hortikultura. Luas Sawah di Kecamatan Angkinang mencapai 4307 Ha dengan karekteristik pengairan teknis, tadah hujan dan lebak. sedangkan  luas  lahan kering sekitar 860 ha yang dimanfaatkan sebagai ladang, pekarangan dan perkebunan.   

C. Jenis Lahan

Jenis lahan dan penggunaan lahan di Balai Penyuluhan Kecamatan Angkinang seluas 5832 ha dengan rincian sbb:   

Lahan sawah meliputi; Pengairan Teknis  (789  ha), Pengairan ½ teknis ( 50  ha),   Pengairan Pedesaan  (586 ha), Tadah hujan (1. 867 ha),  Lebak waton I (965 ha),  Lebak waton II  (50 ha). Total luas lahan sawah adalah 4.307  ha. Lahan Kering meliputi;  Pekarangan  ( 696  ha), Tegalan / ladang  (146  ha), Perkebunan   (18  ha). Total luas lahan kering adalah 860   ha.  Lahan lainnya;  Kolam   ( 1  ha), Rawa yang tidak ditanam  (  664  ha).  Jumlah  665  ha.

Melihat data diatas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan lahan dibalai penyuluhan Kecamatan Angkinang sebagiaan besar adalah lahan sawah  4.307 ha ( 73,85 %), lahan kering 860 ha ( 14,74 % ), dan lahan lainnya 665 ha ( 11, 40 % ).
 
Dari karakteristik wilayah tersebut, maka fokus penyuluhan di kecamatan angkinang adalah pada komoditas tanaman dataran rendah/padi dan hortikultura.  Berdasarkan hal tersebut maka keberadaan Balai Penyuluhan dan para penyuluh yang bergerak aktif dimasyakarat menjadi sangat penting dan startegis khususnya dalam menjamin ketersediaan pangan sesuai dengan amanah program Peningkatan Produksi Beras Nasional dan menuju swasembada berbagai komoditas sebagaimana yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia , oleh karena itulah para penyuluh di Kecamatan Angkinang siap dengan segala kemampuannya di segala sektor untuk membantu dan mendorong khususnya kepada para petani di semua desa agar mendapatkan kesejahteraan yang diharapkan. 
 Blog ini adalah salah satu wahana berbagi baik informasi seputar pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan dan kehutanan serta wahana BP kecamatan Angkinang untuk sharing berbagai kegiatan dan aktivitas di BP Kecamatan Angkinang yang kami harapkan mampu di akses oleh semua pihak.

0 komentar :

Post a Comment